Sabtu, 24 Maret 2012

Insomnia

Mata ini sulit terpejam di malam hari. Hal ini terjadi karena kebiasaan, kebiasaan beraktivitas di malam hari. Yah mau gimana lagi, jam perkuliahan di semester genap dilaksanakan dari jam 13:00 - 20:10 sementara di semester ganjil berlangsung dari jam 07:00 - 15:00 (maklum anak Poltek, jam kuliah sama dengan jam SMA, bisa dibilang kalo jam kuliah D4 Poltek udah setara dengan S2 setengah lah hehehehe..). So, jika disemester ganjil aktivitas dilakukan sampai jam 23:00, jika di semester genap mustahil bisa istirahat pada 23:00, karena waktu beraktivitas tidak sesuai seperti biasanya, pastilah lembur, hingga jadi kebiasaan. Yah, begitulah diurnal di semester ganjil, nokturnal di semester genap.


Kebiasaan nokturnal di semester genap ini, sangat berpengaruh pada pola hidupku. Sehingga pola hidup diurnal berubah menjadi nokturnal dan terciptalah yang namanya insomnia. Insomnia kali ini aq hanya ditemaani secangkir kopi dan sebungkus rokok.




Gak spesial memang, tapi aq sangat menikmatinya. Apalagi sembari surfing di dunia maya, mengerjakan tugas, dan hal - hal lain yang menuntut otak berpikir, sungguh istimewa rasanya. Tapi insomnia ini harus segera ku atasi karena jika begini terus, pola hidupku jadi gak teratur dan akan berdampak pada kesehatanku (tubuh terasa lelah setiap hari).


Menurut wikipedia, cara mengatasi insomnia yg ku alami adalah :
*Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik.
*Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu. Alternatif lain untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan adalah dengan hipnoterapi.


Wah,,,, sulit tapi akan kucoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar